29 Sep 2015 09:32

Pemerintah Cairkan Rp 800 M Bebaskan Lahan Tol Trans Sumatera

Pemerintah terus mempercepat pembebasan lahan proyek Tol Trans Sumatera agar bisa segera tuntas konstruksinya. Salah satunya ruas Tol Bakauheni-Bandar-Lampung-Terbanggi Besar-Palembang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, salah satu ruas yang pembebasan lahannya sudah signifikan adalah ruas Terbanggi Besar. Terbanggi Besar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

"Kalau yang di Terbanggi Besar Rp 800 miliar akan terbayar di Oktober nanti. Tergantung kalau BPN bisa lebih besar lebih baik. Tapi minimal Rp 800 miliar sudah akan terbayar," kata Basuki usai rapat soal Tol Trans Sumatera, di kantor BUMN, Senin (21/9/2015)

Basuki mengatakan, pihaknya bersama Menteri BUMN terus memantau perkembangan proyek Trans Sumatera. Setiap 2 pekan sekali ada rapat koordinasi soal proyek ini.

"Sudah ada kemajuan, jadi nanti dari Bakauheni ke Terbanggi Besar itu ada yang tanggal 28 September akan bebas. Yang di Terbanggi Besar tanggal 15 Oktober bisa dilakukan pembayaran. Dan di bagian ujungnya tanggal 20 Oktober. Jadi 20 Oktober ini semua sudah bisa jalan," kata Basuki.

Ia mengatakan, pembebasan lahan untuk ruas Indralaya-Palembang 22 km tak ada masalah. "Medan-Binjai kira-kira September sudah semua, kecuali yang di Kota Medan. Semua November akan terbayar.‎ November ini sudah seksi 1 dan seksi 2, seksi 3 Desember nanti," katanya.

Sedangkan untuk ruas Pekanbaru-Kandis-Dumai itu baru sebagian kecil lahan yang bebas karena masalah tata ruang. "Jadi di Kepulauan Riau itu ada Perda Tata Ruang, kita perlu sesuaikan dulu dengan tata ruangnya," katanya..

Tol Trans Sumatera yang dalam waktu singkat bisa selesai dalam 3 tahun adalah proyek Tol Bakauheni-Bandar-Lampung-Palembang-Tanjung Api Api (MBBPT) sepanjang 434 Km. Namun Basuki yang paling mungkin cepat tuntas adalah Tol Bakauheni-Bandar-Lampung-Palembang 373,4 km yang bisa tuntas 2018.

Tol Bakauheni-Palembang hanya salah satu bagian dari Tol Trans Sumatera. Selain itu, ada ruas tol lainnya yang sekarang sedang dikerjakan oleh BUMN yaitu Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Komitmen Presiden Jokowi pun sangat kuat untuk mempercepat proyek ini dan proyek tol lainnya. Tol ini di-groundbreaking oleh Presiden Jokowi pada 30 April 2015.